Pelatih MU Alex Ferguson Yang Terkenal

Pelatih MU Alex Ferguson Yang Terkenal

Sir Alexander Chapman “Alex” Ferguson CBE (lahir di Govan, Glasgow, 31 Desember 1941; umur 79 tahun) adalah seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola berkebangsaan Skotlandia, yang pernah mengatasi Manchester United, di mana dia udah bertugas lebih berasal dari 1000 pertandingan. Serta, berita terbaru manchester united ini sangatlah ditunggu para pembaca. Dianggap sebagai tidak benar satu pelatih terbaik didalam sejarah, dia udah memenangkan lebih banyak trofi daripada pelatih manapun sepanjang peristiwa sepak bola Inggris. Dia udah mengatasi Manchester United sejak tanggal 6 November 1986 sampai 2013, menggantikan Ron Atkinson.

Di Manchester United, Sir Alex jadi pelatih tersukses didalam peristiwa sepak bola Inggris, bersama dengan memimpin tim memenangkan 13 gelar juara liga. Pada 1999, dia jadi pelatih pertama yang mempunyai tim Inggris mencapai treble berasal dari Liga Utama, Piala FA and Liga Champions UEFA. Juga jadi salah satu pelatih yang memenangkan Piala FA sebanyak 5 kali, Fergie juga jadi salah satu pelatih yang berhasil memenangkan gelar Liga Inggris sebanyak 3 kali berturut-turut bersama dengan tim yang mirip (1998-1999, 1999-2000 and 2000-2001). Pada 2008, dia join bersama dengan Brian Clough (Nottingham Forest) dan Bob Paisley (Liverpool) sebagai pelatih Britania yang pernah memenangkan kejuaraan Eropa sebanyak lebih berasal dari satu kali. Ferguson resmi membuktikan pensiun sebagai pelatih United terhadap 9 Mei 2013.[4] Posisinya digantikan oleh David Moyes juga menjadi 1 Juli 2013.

Pelatih MU Alex Ferguson Yang Terkenal

Awal karier

Alexander Chapman Ferguson lahir berasal dari pasangan Alexander Beaton Ferguson, seorang buruh pekerja galangan kapal bersama dengan Elizabeth Hardie. Ia menghabiskan jaman kecilnya di tempat Govan,Skotlandia bersama dengan adiknya Martin Ferguson.

Karier klub

Karier sepak bola Ferguson di awali ketika ia join bersama dengan klub amatir Queens Park terhadap umur 16 tahun. Berposisi sebagai penyerang ia mencetak 20 gol terhadap musim debutnya dan rubah terhadap musim berikutnya ke klub amatir St. Johnstone. Di klub barunya, Ferguson mengejutkan publik bersama dengan mencetak hattrick melawan klub idolanya Glasgow Rangers. Performanya menyebabkan ia dikontrak profesional oleh Dunfermline. Pada musim pertamanya Ferguson berhasil mencapai final Piala Skotlandia melawan Glasgow Celtic bakal tetapi kalah 3-2. Ferguson sendiri tidak tampil didalam final dikarenakan penampilan buruknya ketika melawan St. Johnstone terhadap pertandingan sebelumnya. Musim keduanya bersama dengan Dunfermline, ia berhasil nampak sebagai pencetak gol terbanyak Liga Skotlandia bersama dengan Joe McBride bersama dengan 31 gol.

Prestasi ini pada akhirnya mengantarkan Ferguson ke klub impiannya sejak kecil, Glasgow Rangers. Masa-masa di Rangers ternyata tidak menyenangkan Ferguson. Ia sering dicadangkan dan berlatih bersama dengan tim junior. Hal ini menyebabkan Fergie tidak betah dan hanya bertahan 2 musim bersama dengan Rangers. Ia kemudian ditawari rubah oleh klub Inggris, Nottingham Forest. Akan tetapi istrinya, Cathie tidak menyetujui kepindahan mereka ke Inggris. Ia selanjutnya memilih untuk rubah ke klub Falkirk. Ferguson dipromosikan sebagai pelatih merangkap pemain. Namun tak lama kemudian jabatannya digantikan oleh John Prentice. Ferguson kemudian memilih untuk rubah ke Ayr United di mana ia bermain di sana sampai pensiun sebagai pemain terhadap 1974. Sebagai pemain Ferguson udah mencetak keseluruhan 170 gol didalam 317 pertandingan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *